Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Kuliah
|
:
|
Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)
|
Kode Mata Kuliah
|
:
|
Bd.302
|
Beban Study
|
:
|
5 SKS (T=2 ;
P=3)
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
Setelah mempelajari
praktik Asuhan Kebidanan
pada ibu hamil,
diharapkan mahasiswa mampu :
1.
Menyiapkan alat – alat, bahan dan
perlengkapan yang diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur
dengan benar tanpa bantuan.
2.
Melakukan pemeriksaan pada ibu
hamil sesuai dengan prosedur yang sistematis.
3.
Mendeteksi secara dini adanya
tanda dan gejala bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.
Melalukan pendokumentasian.
|
Sasaran/Program Study
|
:
|
Mahasiswa DIII Kebidanan Politehnik Karya Husada Jakarta
Tingkat II Semester IV
|
Alokasi Waktu
|
:
|
30 menit
|
Dosen
|
:
|
Nita Ariani
|
A.
STANDAR KOMPETENSI,
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.
Standar Kompetensi
Setelah menyelesaikan perkuliahan mahasiswa mampu melakukan asuhan
kebidanan kehamilanyang
komprehensif pada ibu hamil.
2.
Kompetensi Dasar
Diharapkan mahasiswa dapat
menguasai materi asuhan kebidanan kehamilan.
3.
Indikator
Asuhan Kebidanan Kehamilan:
1.
Menyiapkan alat – alat, bahan dan perlengkapan yang
diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur dengan benar tanpa
bantuan.
2.
Melakukan pemeriksaan pada ibu hamil sesuai dengan
prosedur yang sistematis.
3.
Mendeteksi secara dini adanya tanda dan gejala
bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.
Melalukan pendokumentasian.
B.
MATERI
1.
Menyiapkan alat – alat, bahan dan perlengkapan yang
diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur dengan benar tanpa
bantuan.
2.
Melakukan pemeriksaan pada ibu hamil sesuai dengan
prosedur yang sistematis.
3.
Mendeteksi secara dini adanya tanda dan gejala
bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.
Melalukan pendokumentasian.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Diakhir kegiatan pembelajaran
mahasiswa mampu:
1.
Menyiapkan alat – alat, bahan dan perlengkapan yang
diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur dengan benar tanpa
bantuan.
2.
Melakukan pemeriksaan pada ibu hamil sesuai dengan
prosedur yang sistematis.
3.
Mendeteksi secara dini adanya tanda dan gejala
bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.
Melalukan pendokumentasian.
D.
REFERENSI
1.
Bartini, istri. 2012.
Asuhankebidananpadaibuhamil normal. Yogyakarta : NuhaMedika
2.
Ika, dkk. 2010. Asuhankebidanankehamilan.
Yogyakarta :nuhamedika.
3.
Manuaba, Ida AyuChandranita., Manuaba, Ida BagusGdeFajar., Manuaba, Ida
BagusGde. 2010. IlmuKebidanan, PenyakitKandungandanKeluargaBerencanaUntukPendidikanBidan.
Jakarta: EGC.
4.
Saifuddin, Abdul Bari. 2008. ILMU Kebidanan. Edisi 4.
Jakarta:YayasanBinaPustakaSarwonoprawirohardjo.
E.
METODE
1.
Diskusi
2.
Demonstrasi
F.
ALAT DAN MEDIA
1.
Jobsheet
2.
Daftartilik
3.
Perlengkapan pemeriksaankehamilan
G.
KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Pengajaran
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Pembukaan
(5 menit)
|
· Memberi salam
· Mengelola kelas
· Memperkenalkan diri
· Membuka daftar hadir
· Melakukan kontrak
waktu
· Menjelaskan tujuan
yang akan dicapai dalam pembelajaran
· Penekanan pentingnya
materi yang akan disampaikan
· Memberikan apersepsi
|
Menjawab salam
Mendengarkan
|
Penyampaian Materi
|
1.
Menyiapkan alat – alat, bahan dan
perlengkapan yang diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur
dengan benar tanpa bantuan.
2.
Melakukan pemeriksaan pada ibu
hamil sesuai dengan prosedur yang sistematis.
3.
Mendeteksi secara dini adanya
tanda dan gejala bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.
Melalukan pendokumentasian.
|
· Mendengarkan dan
memperhatikan dosen dengan seksama
· Mahasiswa menanyakan
hal-hal yang belum jelas disela-sela penyajian materi dan kemudian
memperhatikan jawaban dosen
· Memperhatikan dan
menanggapi penjelasan dosen
· Mahasiswa mencatat
materi penjelasan dosen
|
Rangkuman dan Evaluasi
(10 menit)
|
· Menyimpulkan materi
yang telah disampaikan
· Memberikan pertanyaan
· Memberikan follow
up/tindak lanjut
|
· Mendengarkan,
memperhatikan dan memahami
· Menjawab pertanyaan
yang diajukan
|
Penutup
(5 menit)
|
·
Memberikan
motivasi kepada mahasiswa untuk rajin belajar
·
Mengucapkan
salam
|
· Mendengarkan
· Menjawab salam
|
A.
EVALUASI
Evaluasi diberikan pada akhir perkuliahan secara lisan
berbentuk pertanyaan essay/terbuka sebanyak 5 pertanyaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar