Selasa, 13 Desember 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEBIDANAN

Contoh RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Kuliah
:
Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)
Kode Mata Kuliah
:
Bd.302
Beban Study
:
5 SKS (T=2 ; P=3)
Pokok Bahasan
:
Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan
Sub Pokok Bahasan
:
Setelah mempelajari praktik Asuhan Kebidanan
pada ibu hamil, diharapkan mahasiswa mampu :
1.    Menyiapkan alat – alat, bahan dan perlengkapan yang diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur dengan benar tanpa bantuan.
2.    Melakukan pemeriksaan pada ibu hamil sesuai dengan prosedur yang sistematis.
3.    Mendeteksi secara dini adanya tanda dan gejala bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.    Melalukan pendokumentasian.
Sasaran/Program Study
:
Mahasiswa DIII Kebidanan Politehnik Karya Husada Jakarta Tingkat II Semester IV
Alokasi Waktu
:
30  menit
Dosen
:
Nita Ariani

A.      STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.         Standar Kompetensi
Setelah menyelesaikan perkuliahan mahasiswa mampu melakukan asuhan kebidanan kehamilanyang komprehensif pada ibu hamil.
2.         Kompetensi Dasar
Diharapkan mahasiswa dapat menguasai materi asuhan kebidanan kehamilan.
3.         Indikator
Asuhan Kebidanan Kehamilan:
1.      Menyiapkan alat – alat, bahan dan perlengkapan yang diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur dengan benar tanpa bantuan.
2.      Melakukan pemeriksaan pada ibu hamil sesuai dengan prosedur yang sistematis.
3.      Mendeteksi secara dini adanya tanda dan gejala bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.      Melalukan pendokumentasian.
B.       MATERI
1.      Menyiapkan alat – alat, bahan dan perlengkapan yang diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur dengan benar tanpa bantuan.
2.      Melakukan pemeriksaan pada ibu hamil sesuai dengan prosedur yang sistematis.
3.      Mendeteksi secara dini adanya tanda dan gejala bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.      Melalukan pendokumentasian.
C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Diakhir kegiatan pembelajaran mahasiswa mampu:
1.      Menyiapkan alat – alat, bahan dan perlengkapan yang diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur dengan benar tanpa bantuan.
2.      Melakukan pemeriksaan pada ibu hamil sesuai dengan prosedur yang sistematis.
3.      Mendeteksi secara dini adanya tanda dan gejala bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.      Melalukan pendokumentasian.
D.      REFERENSI
1.    Bartini, istri. 2012. Asuhankebidananpadaibuhamil normal. Yogyakarta : NuhaMedika
2.    Ika, dkk. 2010. Asuhankebidanankehamilan. Yogyakarta :nuhamedika.
3.    Manuaba, Ida AyuChandranita., Manuaba, Ida BagusGdeFajar., Manuaba, Ida BagusGde. 2010. IlmuKebidanan, PenyakitKandungandanKeluargaBerencanaUntukPendidikanBidan. Jakarta: EGC.
4.    Saifuddin, Abdul Bari. 2008. ILMU Kebidanan. Edisi 4. Jakarta:YayasanBinaPustakaSarwonoprawirohardjo.

E.       METODE
1.         Diskusi
2.         Demonstrasi

F.       ALAT DAN MEDIA
1.         Jobsheet
2.         Daftartilik
3.         Perlengkapan pemeriksaankehamilan

G.      KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan Mahasiswa
Pembukaan
(5 menit)
·    Memberi salam
·    Mengelola kelas
·    Memperkenalkan diri
·    Membuka daftar hadir
·    Melakukan kontrak waktu
·    Menjelaskan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
·    Penekanan pentingnya materi yang akan disampaikan
·    Memberikan apersepsi
Menjawab salam
Mendengarkan

Penyampaian Materi
(10 menit)
1.     Menyiapkan alat – alat, bahan dan perlengkapan yang diperlukan untuk pemeriksaan pada ibu hamil sesuai prosedur dengan benar tanpa bantuan.
2.     Melakukan pemeriksaan pada ibu hamil sesuai dengan prosedur yang sistematis.
3.     Mendeteksi secara dini adanya tanda dan gejala bahaya pada ibu hamil dengan benar tanpa bantuan.
4.     Melalukan pendokumentasian.
·       Mendengarkan dan memperhatikan dosen dengan seksama
·       Mahasiswa menanyakan hal-hal yang belum jelas disela-sela penyajian materi dan kemudian memperhatikan jawaban dosen
·       Memperhatikan dan menanggapi penjelasan dosen
·       Mahasiswa mencatat materi penjelasan dosen
Rangkuman dan Evaluasi
(10 menit)
·   Menyimpulkan materi yang telah disampaikan
·   Memberikan pertanyaan
·   Memberikan follow up/tindak lanjut
·   Mendengarkan, memperhatikan dan memahami
·   Menjawab pertanyaan yang diajukan
Penutup
(5 menit)
·   Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk rajin belajar
·   Mengucapkan salam
·   Mendengarkan
·   Menjawab salam

A.      EVALUASI
Evaluasi diberikan pada akhir perkuliahan secara lisan berbentuk pertanyaan essay/terbuka sebanyak 5 pertanyaan.


 Terimakasih sudah membaca..
semoga bermanfaat ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar