Kamis, 11 Mei 2017

CONTOH RPP KDPK

MATA KULIAH
DESAIN KURIKULUM
LOGO UNAS.jpg
TUGAS KELOMPOK I
(3 Oktober-  8 Oktober )
KELOMPOK 3 : IMA AUFYA HIDAYAH         ( 163112540120061 )
                              NOVA NOVIANTY                   ( 163112540120059 )
                               MONA WULANDARI             ( 163112540120018 )
                               AYI NURHIDAYAH                ( 163112540120106 )
                               SHINTA KARLINA                 ( 163112540120127 )


I.              IDENTITAS MATA KULIAH
1.        Nama Mata Kuliah           : Keterampilan Dasar Praktek Klinik
2.        Kode Mata Kuliah            : Bd. 208
3.        Penempatan                      : Semester III
4.        Beban/ jumlah SKS          : 3 SKS ( T=1, P=2)
5.        Tim Dosen Pengajar         : 1. Ima Aufya Hidayah
  2. Nova Nofianty
  3. Mona Wulandary
  4. Ayi Nurhidayah
  5. Shinta Karlina
II.           Deskripsi Mata Kuliah
   Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melaksanakan keterampilan dasar praktik klinik kebidanan terhadap ibu, bayi, anak dan balita dengan pokok-pokok bahasan pemenuhan kebutuhan dasar manusia, pencegahan infeksi, pemeriksaan diagnostik, prosedur pemberian obat, perawatan bedah kebidanan, asuhan pada klien yang mengalami kehilangan, menghadapi kematian dan setelah kematian.
III.        Tinjauan Instruksional           :
1.        Tujuan Instruksional Umum :
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat menguasai Keterampilan Dasar Praktek Klinik.
2.        Tujuan Instruksional Khusus :
    Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu :
a.       Memenuhi kebutuhan dasar manusia
b.      Melakukan pencegahan infeksi
c.       Melakukan pemeriksaan fisik
d.      Menyiapkan untuk pemeriksaan diagnostic
e.       Menerapkan prosedur pemberian obat
f.       Melakukan perawatan bedah kebidanan
g.      Melakukan asuhan pada klien yang mengalami kehilangan, menghadapi kematian dan setelah kematian.
IV.        Indikator Pencapaian Kompetensi
1.        Aspek Kognitif dan Kecakapan Berpikir
        Mahasiswa dapat mengidentifikasi kebutuhan dasar manusia, pemeriksaan fisik, pemeriksaan diagnostic, pemberian obat, perawatan  bedah kebidanan dan asuhan pada klien yang mengalami kehilangan, menghadapi kematian dan setelah kematian.
2.        Aspek Psikomotor
     -
3.        Aspek Affektif, Kecakapan Sosial dan Personal

a)         Hadir dalam setiap perkuliahan tepat waktu, tidak terlambat masuk ke ruang kelas.
b)         Mengumpulkan tugas tepat waktu
c)         Menunjukkan minat kuliah yang tinggi, aktif dan penuh perhatian pada saat dijelaskan.
d)        Mampu bekerjasama dengan teman pada saat mengerjakan tugas kelompok.





V. Proses Pembelajaran
T : dilaksanakan dikelas dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, seminar, penugasan
P : praktik dilaksanakan dikelas, laboratorium (baik dikampus, maupun dilahan praktik) dengan menggunakan metode simulasi, demonstrasi, maupun role play
Evaluasi
Teori
III. UTS             : 30 %
JJJ. UAS            : 50 %
KKK.                                Kuis  : 20 %
Praktik
Latihan              : 40 %
Klinik                : 60 %
VI.   Buku Sumber
Buku Utama
1.      Johnson R, Taylor W, Skill For Midwifery Practice, 2000
2.      Smith S, Dueel D, Clincal Nursing Skill, 2000
3.      Varney, Varney’s Midwifery, 2000
Buku Anjuran
1.      Hotma R, dkk, Pemeriksaan fisik, 2000
2.      Carcio H.A, advanced Health Assesment of Women, 2000



Tidak ada komentar:

Posting Komentar