MATA KULIAH
DESAIN KURIKULUM

TUGAS KELOMPOK I
(3 Oktober- 8 Oktober )
KELOMPOK 3
: IMA AUFYA HIDAYAH (
163112540120061 )
NOVA NOVIANTY ( 163112540120059 )
MONA WULANDARI ( 163112540120018 )
AYI NURHIDAYAH ( 163112540120106 )
SHINTA KARLINA ( 163112540120127 )
I.
IDENTITAS
MATA KULIAH
1.
Nama Mata
Kuliah : Keterampilan Dasar
Praktek Klinik
2.
Kode Mata
Kuliah : Bd. 208
3.
Penempatan : Semester III
4.
Beban/
jumlah SKS : 3 SKS ( T=1, P=2)
5.
Tim Dosen
Pengajar : 1. Ima Aufya Hidayah
2. Nova Nofianty
3. Mona Wulandary
4. Ayi Nurhidayah
5. Shinta Karlina
II.
Deskripsi
Mata Kuliah
Mata
kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melaksanakan
keterampilan dasar praktik klinik kebidanan terhadap ibu, bayi, anak dan balita
dengan pokok-pokok bahasan pemenuhan kebutuhan dasar manusia, pencegahan
infeksi, pemeriksaan diagnostik, prosedur pemberian obat, perawatan bedah
kebidanan, asuhan pada klien yang mengalami kehilangan, menghadapi kematian dan
setelah kematian.
III.
Tinjauan
Instruksional :
1.
Tujuan Instruksional Umum :
Setelah mengikuti
perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat menguasai Keterampilan Dasar Praktek
Klinik.
2.
Tujuan Instruksional Khusus :
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan mampu :
a.
Memenuhi kebutuhan dasar manusia
b.
Melakukan pencegahan infeksi
c.
Melakukan pemeriksaan fisik
d.
Menyiapkan untuk pemeriksaan diagnostic
e.
Menerapkan prosedur pemberian obat
f.
Melakukan perawatan bedah kebidanan
g.
Melakukan asuhan pada klien yang mengalami kehilangan,
menghadapi kematian dan setelah kematian.
IV.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Aspek Kognitif dan Kecakapan Berpikir
Mahasiswa dapat mengidentifikasi kebutuhan dasar manusia, pemeriksaan
fisik, pemeriksaan diagnostic, pemberian obat, perawatan bedah kebidanan dan asuhan pada klien yang
mengalami kehilangan, menghadapi kematian dan setelah kematian.
2.
Aspek Psikomotor
-
3.
Aspek Affektif, Kecakapan Sosial dan
Personal
a)
Hadir dalam
setiap perkuliahan tepat waktu, tidak terlambat masuk ke ruang kelas.
b)
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
c)
Menunjukkan
minat kuliah yang tinggi, aktif dan penuh perhatian pada saat dijelaskan.
d)
Mampu
bekerjasama dengan teman pada saat mengerjakan tugas kelompok.
V. Proses Pembelajaran
T :
dilaksanakan dikelas dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, seminar,
penugasan
P : praktik
dilaksanakan dikelas, laboratorium (baik dikampus, maupun dilahan praktik)
dengan menggunakan metode simulasi, demonstrasi, maupun role play
Evaluasi
Teori
III. UTS : 30 %
JJJ. UAS : 50 %
KKK.
Kuis : 20 %
Praktik
Latihan : 40 %
Klinik : 60 %
VI. Buku Sumber
Buku Utama
1.
Johnson R, Taylor W, Skill For Midwifery Practice, 2000
2.
Smith S, Dueel D, Clincal Nursing Skill, 2000
3.
Varney, Varney’s Midwifery, 2000
Buku
Anjuran
1.
Hotma R, dkk, Pemeriksaan fisik, 2000
2.
Carcio H.A, advanced Health Assesment of Women, 2000









Tidak ada komentar:
Posting Komentar