Kamis, 11 Mei 2017

PEMBELAJARAN MIKRO ( RPP METODOLOGI PENELITIAN )

MATA KULIAH
PEMBELAJARAN MIKRO
LOGO UNAS.jpg

TUGAS INDIVIDU 1
(19 SEPTEMBER - 24 SEPTEMBER 2016)


                                      NAMA       : IMA AUFYA HIDAYAH
                                      KELAS      : B
                                      NPM           : 163112540120061




UNIVERSITAS NASIONAL
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
PRODI DIV KEBIDANAN
TAHUN 2016/2017


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Kuliah
:
Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah
:
Bd.405
Beban Study
:
2 SKS (Teori)
Pokok Bahasan
:
Metode Penelitian


I.  DESKRIPSI MATAKULIAH

Mata kuliah ini memaparkan pengetahuan tentang metode penelitian. Uraian umum tentang metode penelitian meliputi: (1) jenis-jenis penelitian; (2) tahap-tahap penelitian; (3) identifikasi variabel penelitian; (4) pemilihan topik dan perumusan masalah penelitian; (5) penyusunan kajian pustaka dan perumusan hipotesis penelitian, (6) populasi dan sampel; (7) metode dan alat pengumpulan data; (8) skala pengukuran; (9) analisis data, interpretasi hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, (10) penyusunan proposal dan laporan penelitian. Setiap topik yang berada dalam uraian umum tersebut dilengkapi dengan contoh-contoh dan penerapannya untuk tiap-tiap jenis penelitian. Mata kuliah ini diakhiri dengan bimbingan penulisan usulan penelitian secara individu.


II.KOMPETENSI YANG DIKEMBANGKAN

1.      Menyebutkan jenis-jenis penelitian menurut dimensi waktu, tujuan, jenis data dan kegunaan hasil penelitian.

2.      Menjelaskan tahap-tahap penelitian mulai dari menemukan topik sampai penulisan laporan hasil penelitian.

3.      Mengidentifikasi variabel penelitian anteseden/independen, variabel konsekuensi/ dependen.

4.      Memilih dan menentukan topik serta merumuskan masalah penelitian
5.      Menyusun kajian pustaka dan merumuskan hipotesis penelitian
6.      Memaparkan metode pengambilan sampel

7.      Menyusun instrumen/alat pengumpulan data sesuai dengan skala pengukuran
8.      Memaparkan dan memilih jenis analisis data sesuai dengan metode penelitian.

9.      Menginterpretasi hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, mengambil kesimpulan berdasarkan hasil analisis data dan merumuskan saran.

10.  Merancang proposal/usulan penelitian yang sesuai dengan aturan penulisan yang benar dan menggunakan metode penelitian yang sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan.


III.             INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
A.  Aspek Kognitif dan Kecakapan Berpikir

1.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi judul penelitian yang menggunakan metode



deskriptif, eksplanatori, cross-sectional, longitudinal (time series, panel, cohort), studi kasus, survey, content analysis, studi statistik, ex-post facto; field research, dan historical dari judul-judul penelitian dalam jurnal ilmiah.

2.      Mahasiswa dapat mengidentifikasi variabel penelitian anteseden/independen, variabel konsekuensi/dependen dari judul-judul penelitian dalam jurnal ilmiah.

3.      Mahasiswa dapat merancang judul penelitian dan merumuskan masalah penelitian.

4.      Mahasiswa dapat merancang isi kajian pustaka dan menuliskan hipotesis penelitian.

5.      Mahasiswa dapat memilih metode pengambilan sampel yang sesuai dengan karakteristik populasi sasaran penelitian.

6.      Mahasiswa dapat menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan indikator variabel penelitian dan membuat satu contoh kuesioner atau lembar observasi sederhana.

7.      Mahasiswa dapat memilih teknik analisis data yang sesuai dengan judul dan jenis penelitian.

8.      Mahasiswa dapat menginterpretasi output analisis data dari program analisis data komputer dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis data tersebut.

9.      Mahasiswa dapat merancang proposal/usulan penelitian yang sesuai dengan aturan penulisan yang benar dan menggunakan metode penelitian yang sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan.

B. Aspek Psikomotor

-

C. Aspek Affektif, Kecakapan Sosial dan Personal

1. Hadir dalam setiap perkuliahan tepat waktu, tidak terlambat masuk ke ruang kelas.

2.  Mengumpulkan tugas tepat waktu

3.  Menunjukkan minat kuliah yang tinggi, aktif dan penuh perhatian pada saat dijelaskan.

4.  Mampu bekerjasama dengan teman pada saat mengerjakan tugas kelompok.


IV. SUMBER BACAAN

Bablie, E. (2004). The Practice of Social research (10th ed.) USA: Thomson, Wadswort Black, J. A. (1976). Methods and issues in social research. London: John Wiley & Sons,

Inc.

Gall. M. D. & Borg, W. R. (2003). Educational research, an introduction. Boston: Pearson Education, Inc

Isaac, S. & Michael, W. B. (1984). Handbook in research and evaluation. California. EdITS Publishers


Kerlinger, F. N. (1979). Behavioral research. San Fransisco: Harper & Row Publishers

Krathwohl, D. R.  (1997). Methods of educational & social science research (2nd). New

York, Longman

Neuman, W. L. (2003). Social research methods, qualitative and quantitative approaches (5th ). Boston: Pearson Education Inc.

Pophan, W. J. (1967). Educational Statistics. San Fransisco: Harper & Row Publisher Singleton, R. A. & Strait, B. C. (1999). Approaches to social research (3rd). New York:
Oxford University Press

Sugiyono, (1992). Metode penelitian administrasi. Bandung. Apfabeta

------------, (1997), Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Tuckman, B. C. (1972). Conducting educational research. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
Wiersma, W. (1986). Research methods in education (4th). Boston: Allyn and Bacon, Inc.

V. PENILAIAN
Butir-butir penilaian terdiri dari:
Ø        Tugas Mandiri

Ø        Tugas Kelompok

Ø        Partisipasi dan Kehadiran Kuliah/Praktik

Ø        Ujian Mid Semester (Teori)

Ø        Ujian Akhir Semester (Teori)

A.  Tugas Mandiri

Membuat draf proposal penelitian yang memenuhi format baku karya tulis ilmiah.

Skor: 20 maksimum.

B.     Tugas Kelompok

Secara kelompok melakukan identifikasi variabel penelitian dan jenis penelitian, serta uraian singkat tentang metode penentuan sampel, metode pengambilan data dan metode analisis data.

Skor: 5 maksimum.

C.    Partisipasi dan Kehadiran Kuliah/Praktik

Mengikuti kuliah dengan antusias dan mengerjakan tugas-tugas (diskusi, kerja kelompok) selama perkuliahan berlangsung.

Skor: 5 maksimum.


D.    Ujian Mid Semester

Ujian mid semester dilaksanakan di pertenganhan perkuliahan bertujuan untuk memantau perkembangan belajar mahasiswa. Skor: 15 maksimum.

E.     Ujian Akhir Semester

Ujian akhir semester dilaksanakan di akhir perkuliahan untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa. Skor: 40 maksimum.


Tabel Ringkasan Bobot Penilaian

No.
Jenis Penilaian
Skor


Maksimum
1.
Kehadiran dan partisipasi kuliah/praktik
5
2.
Tugas Mandiri
20
3.
Tugas kelompok
5
4.
Ujian mid semester
15
5.
Ujian akhir semester
40
6.
Ujian proposal
15

Jumlah Maksimum
100
Tabel Penguasaan Kompetensi

No
Nilai
Syarat



1
A
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 86 point
2
A-
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 80 point



3
B +
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 75 point



4
B
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 71 point



5
B-
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 66 point



6
C +
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 64 point



7
C
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 56 point

























Minggu
Kompetensi dasar
Materi
Strategi perkuliahan
Sumber/
ke
referensi
1
Membedakan
a. Illustrasi tentang
Ceramah,
Krathwohl
karya penelitian

penemuan  ilmu
tanya jawab
Sugiyono
  dan non penelitian

pengetahuan
Neuman
b. Pemecahan masalah

melalui penelitian dan

kajian literatur
2
Menjelaskan jenis
a. kegunaan: Basic dan
Ceramah, tugas
Neuman
Penelitian

applied (action research,
kelompok
Jurnal hasil
menurut:

evaluasi, pengembangan
penelitian
kegunaan, tujuan

produk eksperimen);
penelitian, dimensi
b. tujuan: Eksploratori,
waktu, jenis data:

deskriptif, eksplanatori;
kuantitatif dan
c. dimensi waktu: Cross-
  Kualitatif

sectional, longitudinal (time

series, panel, cohort), studi

kasus
d. data kuantitatif:

Eksperimen, survey,

content analysis, studi

statistik, ex-post  facto;
e. data kualitatif: Field

research, historical,

kasus, grounded
3
Memahami

Contoh dan uraian singkat
Diskusi

Karakteristik

tentang karakteristik

masalah yang

permasalahan yang dapat

sesuai untuk

diselesaikan melalui

masing-masing

berbagai jenis penelitian

jenis penelitian





4
  Memaparkan
a.
Tahap-tahap umum
Ceramah, tugas
Neuman
  tahap-tahap
dalam proses penelitian
kelompok
Sugiyono
  Penelitian
kuantatif
Jurnal hasil
  kuantitatif dan
b.
memilih topik, masalah
penelitian
  Kualitatif
c.
melacak  teori
  Tahap-tahap
d.
membuat rancangan
  penelitian kualitatif
penelitian/proposal
e.
menentukan sampel
f.
mengumpulkan data
g.
menganalisis data
h.
menginterpretasikan
hasil analisis data
i.
melaporkan hasil
penelitian dan
pembahasan
j.
simpulan dan saran
k.
Tahap-tahap umum

Sukardi

dalam proses penelitian


kualitatif



5
Menemukan topik atau
a.
Penemuan masalah
Ceramah, tanya

Permasalahan
penelitian

jawab, tugas
Penelitian
b.
Sumber-sumber yang
dapat memunculkan
masalah, gagasan, atau
ide penelitian
c.
analisis situasi sebagai
landasan penyusunan
latar belakang masalah
d.
identifikasi masalah
e.
batasan masalah
f.
cara menulis latar
belakang dan rumusan
masalah

6
Menjelaskan jenis
a.
Pengertian variabel
Tugas kelompok
Wiersma, W
Variabel Penelitian
penelitian

mengidentifikasi
Sugiyono
b.
jenis-jenis variabel
variabel dari judul-

penelitian pendidikan
judul penelitian

(dependent,
dari abstrak dan

independent,
jurnal penelitian

antesedent, intervening,


moderator, kontrol, dan


spurius)



c.
identifikasi
variabel


penelitian dari contoh


judul-judul penelitian


d.
model hubungan antar



variabel




7
Menyusun kajian

a.
Fungsi kajian teori dalam
Ceramah dan
Sugiyono
teori dan hipotesis

penelitian

Tugas mencari



b.
sumber-sumber pustaka
dan review jurnal



dan cara

cetak dan



penelusurannya
elektronik



c.
etika, cara penulisan




 d. 
kutipan, dan aturan




penulisan daftar pustaka




e.
cara meyusun kerangka




berpikir





cara merumuskan




hipotesis deskriptif,




komparatif atau






korelasional



8

Menentukan

a.
pengertian populasi dan
Ceramah dan diskusi
Sugiyono


populasi dan

sampel


Cohen


sampel

b.
sampling peluang:

Borg and




simple random,


Gall




proposional, stratified,






cluster/area, multistage;






sistematik







c.
sampling non  peluang






seperti purposive, quota,






aksidental, snowball






d.
cara pengambilan







sampel  yang sesuai






untuk berbagai jenis






penelitian







e.
cara menentukan







besaran  sampel untuk






masing-masing jenis






penelitian menggunakan






tabel Krejcie, nomogram






Harry King, Cohen dan







lain-lain



9
Merancang metode

a.
metode pengumpulan
Ceramah, diskusi
Singleton
dan alat


data: kuesioner,


Babbie,
pengumpulan data


wawancara, tes,


Ebel



observasi, dokumentasi

Isaac



dan aplikasi metode





sesuai dengan jenis





penelitian





b.
penyusunan kisi-kisi





instrumen penelitian




c.
pernyataan dengan





jawaban berskala Likert,





Thurstone, Guttman,





Sematic differensial




d.
jenis-jenis skala






pengukuran: nominal,





ordinal, interval dan rasio




e.
validitas dan reliabilitas


10
Memilih teknik

a.
teknik analisis data:
Ceramah, tugas

analisis data


deskriptif, inferensial





(non parametrik,






parametrik)





b.
cara memilih teknik





analisis data





c.
persyaratan yang harus





dipenuhi dari berbagai





teknik analisis data




d
desain analisis





korelasional dan





komparatif


11
Melaporkan hasil

a.
Cara melaporkan hasil
Contoh, Tugas

penelitian,

penelitian

memberi contoh

membahas dan

b.
Cara membuat

pembahasan

mengambil

pembahasan

simpulan, dan

kesimpulan

c.
Cara membuat simpulan
saran




dan saran



12
Menyusun usulan

Petunjuk penyusunan usulan
Tugas menyusun

penelitian
penelitian survey, studi kasus,
proposal

action researh, content


analysis, eksperimen,


pengembangan, evaluasi,




deskriptif.


13
Bimbingan

Menyusunan proposal
Tugas menyusun

penyusunan

penelitian pendidikan
proposal

proposal







14
Ujian tertulis

Aplikasi metode penelitian,


cara pengambilan sampel,


dan instrumen pengumpul


data dalam menyelesaikan




masalah melalui penelitian




Minggu
Materi
Sub materi
Metode/
Evaluasi
Indikator
Pustaka

ke
Media
keberhasilan

1
Pengertian
a. Ilustrasi tentang penemuan
Power
Memberi
Membedakan
Krathwohl

Metode
ilmu pengetahuan
point
tugas
karya
Sugiyono

Penelitian
b. Pemecahan masalah

identifikasi
penelitian  dan
Neuman


melalui penelitian dan kajian

judul dari
karya bukan



literatur

daftar isi
penelitian







jurnal




02-Apr
Jenis penelitian
a. kegunaan: Basic dan
Power
Memberi
Memilih
topik-
Neuman

menurut:
applied (action research,
point
tugas
topik penelitian
Jurnal hasil

kegunaan,
evaluasi, pengembangan

merangkum


penelitian

tujuan penelitian,
produk eksperimen);
Diskusi
hasil   diskusi




dimensi waktu,
b. tujuan: Eksploratori,
kelompo
kelompok
Memilih



jenis data:
deskriptif, eksplanatori;
k


metode



kuantitatif dan
c. dimensi waktu: Cross-



penelitian yang


Kualitatif
sectional, longitudinal (time



sesuai
dengan


series, panel, cohort), studi



topik



kasus








d. data kuantitatif:








Eksperimen, survey,







content analysis, studi







statistik, ex-post  facto;







e. data kualitatif: Field







research, historical,  studi








kasus, grounded








5
Tahap-tahap
Tahap-tahap umum dalam
Power
Mengidentifik
Memberi

Neuman

Penelitian
proses penelitian kuantatif
point
asi kerangka
contoh

Sugiyono

kuantitatif
a.
memilih topik, masalah

isi jurnal atau
kerangka isi

Jurnal hasil


b.
melacak  teori

laporan hasil
tulisan sesuai

penelitian


c.
membuat rancangan

penelitian
prosedur





penelitian/proposal



penelitian dan




d.
menentukan sampel



jenis penelitian




e.
mengumpulkan data








f.
menganalisis data








g.
menginterpretasikan hasil









analisis data








h.
melaporkan hasil









penelitian dan









pembahasan








i.
simpulan dan saran







6
Karakteristik
Contoh dan uraian singkat
Diskusi
Menganalisis
Memberi
Neuman

masalah yang
tentang karakteristik


kasus dan
contoh judul


sesuai untuk
permasalahan yang dapat

pemecahan
sesuai dengan


masing-masing
diselesaikan melalui
berbagai

masalah
jenis penelitian


jenis penelitian
jenis penelitian


melalui









penelitian




7
Penemuan topik atau
Penemuan masalah
Power
Tugas
Mampu
Kerlinger

Permasalah penelitian
penelitian
point
membuat
menemukan
Black

a.
Sumber-sumber yang

pendahuluan
topik,
Sugiyono


dapat memunculkan

proposal
merumuskan



masalah, gagasan, atau



judul,



ide penelitian



membuat  latar


b.
analisis situasi sebagai



belakang



landasan penyusunan



masalah



latar belakang masalah







c.
identifikasi masalah







d.
batasan masalah







e. cara menulis latar belakang masalah






08-Sep
Variabel Penelitian
a.
Pengertian variabel

Tugas
Memberi Contoh
Wiersma, W

b.
penelitian


mengidentifikasi
Variabel dengan tepat
Sugiyono

c.
jenis-jenis variabel

 variabel





penelitian pendidikan

dari judul- judul





(dependent, independent,

penelitian dari jurnal penelitian





antesedent, intervening,








moderator, kontrol, dan








spurius)







d.
identifikasi variabel







penelitian dari contoh








judul-judul penelitian








hubungan antar variabel






10
Penyusunan Kajian Teori
a.
Fungsi kajian teori dalam
Power
Tugas
Mengumpulka
Krathwohl
dan hipotesis

penelitian
Point
mencari jurnal
n jurnal, artikel
Sugiyono


sumber-sumber pustaka

cetak dan
yang
sesuai



dan cara etika carapenelusurannya

elektronik
dengan
topik



cara penulisan



penelitian



kutipan, dan aturan








penulisan daftar pustaka








cara meyusun kerangka








berpikir cara








merumuskan








hipotesis deskriptif,








komparatif atau








korelasional






Populasi dan sample
b.
pengertian populasi dan

Pengambilan
sampel  sesuai
Tuckman


sampel simple

sample

dengan





sampling peluang: simple



karakteristik




random, proposional,



data yang





stratified, cluster/area,



akan dicari




multistage; sistematik









sampling non  peluang









seperti purposive, quota,









aksidental, snowball






11
Metode
a.
metode pengumpulan
Power
Tugas
Contoh lembar
Singleton
Pengumpulan

data: kuesioner,
point
membuat
observasi,

Babbie,
Data

wawancara, tes,

contoh
pedoman

Ebel


observasi, dokumentasi

instrumen
wawancara,
Isaac


dan aplikasi metode



kuesioner,
dan



sesuai dengan jenis



tes




penelitian








b.
penyusunan kisi-kisi








instrumen penelitian








pernyataan dengan








jawaban berskala Likert,








Thurstone, Guttman,








Sematic differensial






12
Analisis Data
a.
teknik analisis data:

Memberi contoh
Menerapkan
Pophan


deskriptif, inferensial (non

Pemecahan dengan
tekhnik analisis
Sugiyono


parametrik, parametrik)

 tekhnik analisis
data deskriptif



cara memilih teknik

 yang tepat





analisis data








persyaratan yang harus








dipenuhi dari berbagai








teknik analisis data








desain analisis








korelasional dan








Komparatif






13
Hasil    penelitian
b.
Cara melaporkan hasil
Contoh
Tugas
Melaporkan

dan kesimpulan

Penelitian
KTI
memberi
hasil penelitian



Pembahasan

contoh
dengan





pembahasan
prosedur  yang





simpulan, dan
benar






saran



14
Petunjuk
a.
Petunjuk penyusunan usulan

Tugas
Membuat
Pedoman
penyusunan

penelitian survey, studi kasus,
menyusun
proposal
penelitian IKIP
usulan penelitian

action researh, content
proposal
sesuai
dengan
Yk 1996


analysis, eksperimen,

prosedur  yang



pengembangan, evaluasi,


benar



deskriptif.






15-16
Bimbingan
a.
Menyusunan proposal

Tugas
Membuat

penyusunan

penelitian pendidikan

menyusun
proposal

Proposal



proposal
sesuai
dengan







prosedur  yang








benar


17
Ujian Tertulis
a.
Aplikasi metode penelitian,

Ujian Tertulis
Mahasiswa mampu



cara pengambilan sampel,



meenjawab >50%



dan instrumen pengumpul



soal dengan benar



data dalam menyelesaikan







masalah melalui penelitian










Tidak ada komentar:

Posting Komentar