MATA KULIAH
PEMBELAJARAN MIKRO

TUGAS INDIVIDU 1
(19 SEPTEMBER - 24 SEPTEMBER 2016)
NAMA :
IMA AUFYA HIDAYAH
KELAS : B
NPM :
163112540120061
UNIVERSITAS NASIONAL
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
PRODI DIV KEBIDANAN
TAHUN 2016/2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Kuliah
|
:
|
Metode Penelitian
|
Kode Mata Kuliah
|
:
|
Bd.405
|
Beban Study
|
:
|
2
SKS (Teori)
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Metode Penelitian
|
I. DESKRIPSI
MATAKULIAH
Mata
kuliah ini memaparkan pengetahuan tentang metode penelitian. Uraian umum
tentang metode penelitian meliputi: (1) jenis-jenis penelitian; (2) tahap-tahap
penelitian; (3) identifikasi variabel penelitian; (4) pemilihan topik dan
perumusan masalah penelitian; (5) penyusunan kajian pustaka dan perumusan
hipotesis penelitian, (6) populasi dan sampel; (7) metode dan alat pengumpulan
data; (8) skala pengukuran; (9) analisis data, interpretasi hasil analisis data
dan pembahasan hasil penelitian, (10) penyusunan proposal dan laporan
penelitian. Setiap topik yang berada dalam uraian umum tersebut dilengkapi
dengan contoh-contoh dan penerapannya untuk tiap-tiap jenis penelitian. Mata
kuliah ini diakhiri dengan bimbingan penulisan usulan penelitian secara
individu.
II.KOMPETENSI YANG DIKEMBANGKAN
1. Menyebutkan jenis-jenis penelitian menurut
dimensi waktu, tujuan, jenis data dan kegunaan hasil penelitian.
2. Menjelaskan tahap-tahap penelitian mulai dari
menemukan topik sampai penulisan laporan hasil penelitian.
3. Mengidentifikasi variabel penelitian
anteseden/independen, variabel konsekuensi/ dependen.
4. Memilih dan menentukan topik serta merumuskan
masalah penelitian
5. Menyusun kajian pustaka dan merumuskan hipotesis
penelitian
6. Memaparkan metode pengambilan sampel
7. Menyusun instrumen/alat pengumpulan data sesuai
dengan skala pengukuran
8. Memaparkan dan memilih jenis analisis data
sesuai dengan metode penelitian.
9. Menginterpretasi hasil analisis data dan
pembahasan hasil penelitian, mengambil kesimpulan berdasarkan hasil analisis
data dan merumuskan saran.
10. Merancang proposal/usulan penelitian yang sesuai
dengan aturan penulisan yang benar dan menggunakan metode penelitian yang
sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan.
III.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
A. Aspek Kognitif dan Kecakapan
Berpikir
1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi judul
penelitian yang menggunakan metode
deskriptif, eksplanatori, cross-sectional, longitudinal (time series, panel, cohort), studi
kasus, survey, content analysis,
studi statistik, ex-post facto; field
research, dan historical dari
judul-judul penelitian dalam jurnal ilmiah.
2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi variabel
penelitian anteseden/independen, variabel konsekuensi/dependen dari judul-judul
penelitian dalam jurnal ilmiah.
3. Mahasiswa dapat merancang judul penelitian dan
merumuskan masalah penelitian.
4. Mahasiswa dapat merancang isi kajian pustaka dan
menuliskan hipotesis penelitian.
5. Mahasiswa dapat memilih metode pengambilan
sampel yang sesuai dengan karakteristik populasi sasaran penelitian.
6. Mahasiswa dapat menyusun kisi-kisi instrumen
berdasarkan indikator variabel penelitian dan membuat satu contoh kuesioner
atau lembar observasi sederhana.
7. Mahasiswa dapat memilih teknik analisis data
yang sesuai dengan judul dan jenis penelitian.
8. Mahasiswa dapat menginterpretasi output analisis
data dari program analisis data komputer dan menarik kesimpulan berdasarkan
hasil analisis data tersebut.
9. Mahasiswa dapat merancang proposal/usulan
penelitian yang sesuai dengan aturan penulisan yang benar dan menggunakan
metode penelitian yang sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan.
B. Aspek
Psikomotor
-
C.
Aspek Affektif, Kecakapan Sosial dan Personal
1.
Hadir dalam setiap perkuliahan tepat waktu, tidak terlambat masuk ke ruang
kelas.
2. Mengumpulkan tugas tepat waktu
3. Menunjukkan minat kuliah yang tinggi, aktif dan
penuh perhatian pada saat dijelaskan.
4. Mampu bekerjasama dengan teman pada saat
mengerjakan tugas kelompok.
IV.
SUMBER BACAAN
Bablie, E. (2004). The
Practice of Social research (10th ed.) USA: Thomson,
Wadswort Black, J. A. (1976). Methods and
issues in social research. London: John Wiley & Sons,
Inc.
Gall.
M. D. & Borg, W. R. (2003). Educational research, an introduction.
Boston: Pearson Education, Inc
Isaac,
S. & Michael, W. B. (1984). Handbook
in research and evaluation. California. EdITS Publishers
Krathwohl, D. R. (1997). Methods
of educational & social science research (2nd). New
York, Longman
Neuman,
W. L. (2003). Social research methods, qualitative and quantitative approaches
(5th ). Boston: Pearson Education Inc.
Pophan, W. J. (1967). Educational Statistics. San Fransisco:
Harper & Row Publisher Singleton, R. A. & Strait, B. C. (1999). Approaches
to social research (3rd). New York:
Oxford University Press
Sugiyono, (1992). Metode penelitian administrasi. Bandung.
Apfabeta
------------, (1997), Statistik untuk penelitian. Bandung:
Alfabeta
Tuckman,
B. C. (1972). Conducting educational
research. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
Wiersma, W. (1986). Research methods in education (4th).
Boston: Allyn and Bacon, Inc.
V.
PENILAIAN
Butir-butir penilaian terdiri dari:
Ø
Tugas
Mandiri
Ø
Tugas
Kelompok
Ø
Partisipasi
dan Kehadiran Kuliah/Praktik
Ø
Ujian
Mid Semester (Teori)
Ø
Ujian
Akhir Semester (Teori)
A. Tugas Mandiri
Membuat draf proposal penelitian yang memenuhi
format baku karya tulis ilmiah.
Skor: 20 maksimum.
B.
Tugas Kelompok
Secara kelompok melakukan identifikasi variabel
penelitian dan jenis penelitian, serta uraian singkat tentang metode penentuan
sampel, metode pengambilan data dan metode analisis data.
Skor: 5 maksimum.
C.
Partisipasi dan Kehadiran Kuliah/Praktik
Mengikuti kuliah dengan antusias dan mengerjakan
tugas-tugas (diskusi, kerja kelompok) selama perkuliahan berlangsung.
Skor: 5 maksimum.
D.
Ujian Mid Semester
Ujian mid semester dilaksanakan di pertenganhan
perkuliahan bertujuan untuk memantau perkembangan belajar mahasiswa. Skor: 15
maksimum.
E.
Ujian Akhir Semester
Ujian akhir semester dilaksanakan di akhir
perkuliahan untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa. Skor: 40
maksimum.
Tabel Ringkasan Bobot Penilaian
No.
|
Jenis Penilaian
|
Skor
|
|
|
Maksimum
|
1.
|
Kehadiran dan partisipasi kuliah/praktik
|
5
|
2.
|
Tugas Mandiri
|
20
|
3.
|
Tugas kelompok
|
5
|
4.
|
Ujian mid semester
|
15
|
5.
|
Ujian akhir semester
|
40
|
6.
|
Ujian proposal
|
15
|
|
Jumlah Maksimum
|
100
|
Tabel Penguasaan Kompetensi
|
|


No
|
Nilai
|
Syarat
|
|
|
|
1
|
A
|
sedikitnya mahasiswa harus
mengumpulkan 86 point
|
2
|
A-
|
sedikitnya mahasiswa harus
mengumpulkan 80 point
|
|
|
|
3
|
B +
|
sedikitnya mahasiswa harus
mengumpulkan 75 point
|
|
|
|
4
|
B
|
sedikitnya mahasiswa harus
mengumpulkan 71 point
|
|
|
|
5
|
B-
|
sedikitnya mahasiswa harus
mengumpulkan 66 point
|
|
|
|
6
|
C +
|
sedikitnya mahasiswa harus
mengumpulkan 64 point
|
|
|
|
7
|
C
|
sedikitnya mahasiswa harus
mengumpulkan 56 point
|
|
|
|

Minggu
|
Kompetensi dasar
|
Materi
|
Strategi perkuliahan
|
Sumber/
|
|||||
ke
|
referensi
|
||||||||
1
|
Membedakan
|
a. Illustrasi tentang
|
Ceramah,
|
Krathwohl
|
|||||
karya penelitian
|
|
penemuan ilmu
|
tanya jawab
|
Sugiyono
|
|||||
dan non penelitian
|
|
pengetahuan
|
Neuman
|
||||||
b. Pemecahan masalah
|
|||||||||
|
melalui penelitian dan
|
||||||||
|
kajian literatur
|
||||||||
2
|
Menjelaskan jenis
|
a. kegunaan: Basic
dan
|
Ceramah, tugas
|
Neuman
|
|||||
Penelitian
|
|
applied (action
research,
|
kelompok
|
Jurnal hasil
|
|||||
menurut:
|
|
evaluasi, pengembangan
|
penelitian
|
||||||
kegunaan, tujuan
|
|
produk eksperimen);
|
|||||||
penelitian, dimensi
|
b. tujuan:
Eksploratori,
|
||||||||
waktu, jenis data:
|
|
deskriptif,
eksplanatori;
|
|||||||
kuantitatif dan
|
c. dimensi waktu:
Cross-
|
||||||||
Kualitatif
|
|
sectional, longitudinal
(time
|
|||||||
|
series, panel,
cohort), studi
|
||||||||
|
kasus
|
||||||||
d. data kuantitatif:
|
|||||||||
|
Eksperimen, survey,
|
||||||||
|
content analysis, studi
|
||||||||
|
statistik,
ex-post facto;
|
||||||||
e. data kualitatif: Field
|
|||||||||
|
research, historical,
|
||||||||
|
kasus, grounded
|
||||||||
3
|
Memahami
|
|
Contoh dan uraian
singkat
|
Diskusi
|
|
||||
Karakteristik
|
|
tentang karakteristik
|
|
||||||
masalah yang
|
|
permasalahan yang
dapat
|
|
||||||
sesuai untuk
|
|
diselesaikan melalui
|
|
||||||
masing-masing
|
|
berbagai jenis
penelitian
|
|
||||||
jenis penelitian
|
|
|
|
|
|
||||
4
|
Memaparkan
|
a.
|
Tahap-tahap umum
|
Ceramah, tugas
|
Neuman
|
||||
tahap-tahap
|
dalam proses
penelitian
|
kelompok
|
Sugiyono
|
||||||
Penelitian
|
kuantatif
|
Jurnal hasil
|
|||||||
kuantitatif dan
|
b.
|
memilih topik, masalah
|
penelitian
|
||||||
Kualitatif
|
c.
|
melacak teori
|
|||||||
Tahap-tahap
|
d.
|
membuat rancangan
|
|||||||
penelitian kualitatif
|
penelitian/proposal
|
||||||||
e.
|
menentukan sampel
|
||||||||
f.
|
mengumpulkan data
|
||||||||
g.
|
menganalisis data
|
||||||||
h.
|
menginterpretasikan
|
||||||||
hasil analisis data
|
|||||||||
i.
|
melaporkan hasil
|
||||||||
penelitian dan
|
|||||||||
pembahasan
|
|||||||||
j.
|
simpulan dan saran
|
||||||||
k.
|
Tahap-tahap umum
|
|
Sukardi
|
||||||
|
dalam proses
penelitian
|
|
|||||||
|
kualitatif
|
|
|
|
|||||
5
|
Menemukan topik atau
|
a.
|
Penemuan masalah
|
Ceramah, tanya
|
|
||||
Permasalahan
|
penelitian
|
|
jawab, tugas
|
||||||
Penelitian
|
b.
|
Sumber-sumber yang
|
|||||||
dapat memunculkan
|
|||||||||
masalah, gagasan, atau
|
|||||||||
ide penelitian
|
|||||||||
c.
|
analisis situasi
sebagai
|
||||||||
landasan penyusunan
|
|||||||||
latar belakang masalah
|
|||||||||
d.
|
identifikasi masalah
|
||||||||
e.
|
batasan masalah
|
||||||||
f.
|
cara menulis latar
|
||||||||
belakang dan rumusan
|
|||||||||
masalah
|
|
||||||||
6
|
Menjelaskan jenis
|
a.
|
Pengertian variabel
|
Tugas kelompok
|
Wiersma, W
|
||||
Variabel Penelitian
|
penelitian
|
|
mengidentifikasi
|
Sugiyono
|
|||||
b.
|
jenis-jenis variabel
|
variabel dari judul-
|
|
||||||
penelitian pendidikan
|
judul penelitian
|
|
|||||||
(dependent,
|
dari abstrak dan
|
|
|||||||
independent,
|
jurnal penelitian
|
|
|||||||
antesedent,
intervening,
|
|
|
|||||||
moderator, kontrol,
dan
|
|
|
|||||||
spurius)
|
|
|
|
||||||
c.
|
identifikasi
|
variabel
|
|
|
|||||
penelitian dari contoh
|
|
|
|||||||
judul-judul penelitian
|
|
|
|||||||
d.
|
model hubungan antar
|
|
|
||||||
|
variabel
|
|
|
|
|
||||
7
|
Menyusun kajian
|
|
a.
|
Fungsi kajian teori
dalam
|
Ceramah dan
|
Sugiyono
|
|||
teori dan hipotesis
|
|
penelitian
|
|
Tugas mencari
|
|
||||
|
|
b.
|
sumber-sumber pustaka
|
dan review jurnal
|
|
||||
|
|
dan cara
|
|
cetak dan
|
|
||||
|
|
penelusurannya
|
elektronik
|
|
|||||
|
|
c.
|
etika, cara penulisan
|
|
|
||||
|
|
d.
|
kutipan, dan aturan
|
|
|
||||
|
|
penulisan daftar
pustaka
|
|
|
|||||
|
|
e.
|
cara meyusun kerangka
|
|
|
||||
|
|
berpikir
|
|
|
|
||||
|
|
cara merumuskan
|
|
|
|||||
|
|
hipotesis deskriptif,
|
|
|
|||||
|
|
komparatif atau
|
|
|
|
||||
|
|
|
korelasional
|
|
|
|
|||
8
|
|
Menentukan
|
|
a.
|
pengertian populasi
dan
|
Ceramah dan diskusi
|
Sugiyono
|
||
|
|
populasi dan
|
|
sampel
|
|
|
Cohen
|
||
|
|
sampel
|
|
b.
|
sampling peluang:
|
|
Borg and
|
||
|
|
|
|
simple random,
|
|
|
Gall
|
||
|
|
|
|
proposional,
stratified,
|
|
|
|||
|
|
|
|
cluster/area,
multistage;
|
|
|
|||
|
|
|
|
sistematik
|
|
|
|
||
|
|
|
|
c.
|
sampling non peluang
|
|
|
||
|
|
|
|
seperti purposive,
quota,
|
|
|
|||
|
|
|
|
aksidental, snowball
|
|
|
|||
|
|
|
|
d.
|
cara pengambilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
sampel yang sesuai
|
|
|
|||
|
|
|
|
untuk berbagai jenis
|
|
|
|||
|
|
|
|
penelitian
|
|
|
|
||
|
|
|
|
e.
|
cara menentukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
besaran sampel untuk
|
|
|
|||
|
|
|
|
masing-masing jenis
|
|
|
|||
|
|
|
|
penelitian menggunakan
|
|
|
|||
|
|
|
|
tabel Krejcie,
nomogram
|
|
|
|||
|
|
|
|
Harry King, Cohen dan
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
lain-lain
|
|
|
|
|
9
|
Merancang metode
|
|
a.
|
metode pengumpulan
|
Ceramah, diskusi
|
Singleton
|
|||
dan alat
|
|
|
data: kuesioner,
|
|
|
Babbie,
|
|||
pengumpulan data
|
|
|
wawancara, tes,
|
|
|
Ebel
|
|||
|
|
|
observasi, dokumentasi
|
|
Isaac
|
||||
|
|
|
dan aplikasi metode
|
|
|
||||
|
|
|
sesuai dengan jenis
|
|
|
||||
|
|
|
penelitian
|
|
|
|
|||
|
|
b.
|
penyusunan kisi-kisi
|
|
|
||||
|
|
|
instrumen penelitian
|
|
|
||||
|
|
c.
|
pernyataan dengan
|
|
|
||||
|
|
|
jawaban berskala
Likert,
|
|
|
||||
|
|
|
Thurstone, Guttman,
|
|
|
||||
|
|
|
Sematic differensial
|
|
|
||||
|
|
d.
|
jenis-jenis skala
|
|
|
|
|||
|
|
|
pengukuran: nominal,
|
|
|
||||
|
|
|
ordinal, interval dan
rasio
|
|
|
||||
|
|
e.
|
validitas dan
reliabilitas
|
|
|
||||
10
|
Memilih teknik
|
|
a.
|
teknik analisis data:
|
Ceramah, tugas
|
|
|||
analisis data
|
|
|
deskriptif,
inferensial
|
|
|
||||
|
|
|
(non parametrik,
|
|
|
|
|||
|
|
|
parametrik)
|
|
|
|
|||
|
|
b.
|
cara memilih teknik
|
|
|
||||
|
|
|
analisis data
|
|
|
|
|||
|
|
c.
|
persyaratan yang harus
|
|
|
||||
|
|
|
dipenuhi dari berbagai
|
|
|
||||
|
|
|
teknik analisis data
|
|
|
||||
|
|
d
|
desain analisis
|
|
|
||||
|
|
|
korelasional dan
|
|
|
||||
|
|
|
komparatif
|
|
|
||||
11
|
Melaporkan hasil
|
|
a.
|
Cara melaporkan hasil
|
Contoh, Tugas
|
|
|||
penelitian,
|
|
penelitian
|
|
memberi contoh
|
|
||||
membahas dan
|
|
b.
|
Cara membuat
|
|
pembahasan
|
|
|||
mengambil
|
|
pembahasan
|
|
simpulan, dan
|
|
||||
kesimpulan
|
|
c.
|
Cara membuat simpulan
|
saran
|
|
||||
|
|
|
dan saran
|
|
|
|
|||
12
|
Menyusun usulan
|
|
Petunjuk penyusunan
usulan
|
Tugas menyusun
|
|
||||
penelitian
|
penelitian survey,
studi kasus,
|
proposal
|
|
||||||
action researh,
content
|
|
|
|||||||
analysis, eksperimen,
|
|
|
|||||||
pengembangan,
evaluasi,
|
|
|
|||||||
|
|
deskriptif.
|
|
|
|||||
13
|
Bimbingan
|
|
Menyusunan proposal
|
Tugas menyusun
|
|
||||
penyusunan
|
|
penelitian pendidikan
|
proposal
|
|
|||||
proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14
|
Ujian tertulis
|
|
Aplikasi metode
penelitian,
|
|
|
||||
cara pengambilan
sampel,
|
|
|
|||||||
dan instrumen
pengumpul
|
|
|
|||||||
data dalam
menyelesaikan
|
|
|
|||||||
|
|
masalah melalui
penelitian
|
|
|
Minggu
|
Materi
|
Sub materi
|
Metode/
|
Evaluasi
|
Indikator
|
Pustaka
|
||||||
ke
|
Media
|
keberhasilan
|
||||||||||
1
|
Pengertian
|
a. Ilustrasi tentang
penemuan
|
Power
|
Memberi
|
Membedakan
|
Krathwohl
|
||||||
Metode
|
ilmu pengetahuan
|
point
|
tugas
|
karya
|
Sugiyono
|
|||||||
Penelitian
|
b. Pemecahan masalah
|
|
identifikasi
|
penelitian dan
|
Neuman
|
|||||||
|
melalui penelitian dan
kajian
|
|
judul dari
|
karya bukan
|
|
|||||||
|
literatur
|
|
daftar isi
|
penelitian
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
jurnal
|
|
|
|
||||
02-Apr
|
Jenis penelitian
|
a. kegunaan: Basic
dan
|
Power
|
Memberi
|
Memilih
|
topik-
|
Neuman
|
|||||
menurut:
|
applied (action
research,
|
point
|
tugas
|
topik penelitian
|
Jurnal hasil
|
|||||||
kegunaan,
|
evaluasi, pengembangan
|
|
merangkum
|
|
|
penelitian
|
||||||
tujuan penelitian,
|
produk eksperimen);
|
Diskusi
|
hasil diskusi
|
|
|
|
||||||
dimensi waktu,
|
b. tujuan:
Eksploratori,
|
kelompo
|
kelompok
|
Memilih
|
|
|
||||||
jenis data:
|
deskriptif, eksplanatori;
|
k
|
|
|
metode
|
|
|
|||||
kuantitatif dan
|
c. dimensi waktu:
Cross-
|
|
|
|
penelitian yang
|
|
||||||
Kualitatif
|
sectional,
longitudinal (time
|
|
|
|
sesuai
|
dengan
|
|
|||||
series, panel,
cohort), studi
|
|
|
|
topik
|
|
|
||||||
kasus
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
d. data kuantitatif:
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Eksperimen, survey,
|
|
|
|
|
|
|
||||||
content analysis, studi
|
|
|
|
|
|
|
||||||
statistik,
ex-post facto;
|
|
|
|
|
|
|
||||||
e. data kualitatif: Field
|
|
|
|
|
|
|
||||||
research,
historical, studi
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
kasus, grounded
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5
|
Tahap-tahap
|
Tahap-tahap umum dalam
|
Power
|
Mengidentifik
|
Memberi
|
|
Neuman
|
|||||
Penelitian
|
proses penelitian
kuantatif
|
point
|
asi kerangka
|
contoh
|
|
Sugiyono
|
||||||
kuantitatif
|
a.
|
memilih topik, masalah
|
|
isi jurnal atau
|
kerangka isi
|
|
Jurnal hasil
|
|||||
|
b.
|
melacak teori
|
|
laporan hasil
|
tulisan sesuai
|
|
penelitian
|
|||||
|
c.
|
membuat rancangan
|
|
penelitian
|
prosedur
|
|
|
|||||
|
|
penelitian/proposal
|
|
|
|
penelitian dan
|
|
|
||||
|
d.
|
menentukan sampel
|
|
|
|
jenis penelitian
|
|
|
||||
|
e.
|
mengumpulkan data
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
f.
|
menganalisis data
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
g.
|
menginterpretasikan
hasil
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
analisis data
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
h.
|
melaporkan hasil
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
penelitian dan
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
pembahasan
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
i.
|
simpulan dan saran
|
|
|
|
|
|
|
||||
6
|
Karakteristik
|
Contoh dan uraian singkat
|
Diskusi
|
Menganalisis
|
Memberi
|
Neuman
|
||||||
masalah yang
|
tentang karakteristik
|
|
|
kasus dan
|
contoh judul
|
|
||||||
sesuai untuk
|
permasalahan yang
dapat
|
|
pemecahan
|
sesuai dengan
|
|
|||||||
masing-masing
|
diselesaikan melalui
|
berbagai
|
|
masalah
|
jenis penelitian
|
|
||||||
jenis penelitian
|
jenis penelitian
|
|
|
melalui
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
penelitian
|
|
|
|
||||
7
|
Penemuan topik atau
|
Penemuan masalah
|
Power
|
Tugas
|
Mampu
|
Kerlinger
|
||||||
Permasalah penelitian
|
penelitian
|
point
|
membuat
|
menemukan
|
Black
|
|||||||
|
a.
|
Sumber-sumber yang
|
|
pendahuluan
|
topik,
|
Sugiyono
|
||||||
|
|
dapat memunculkan
|
|
proposal
|
merumuskan
|
|
||||||
|
|
masalah, gagasan, atau
|
|
|
|
judul,
|
|
|||||
|
|
ide penelitian
|
|
|
|
membuat latar
|
|
|||||
|
b.
|
analisis situasi
sebagai
|
|
|
|
belakang
|
|
|||||
|
|
landasan penyusunan
|
|
|
|
masalah
|
|
|||||
|
|
latar belakang masalah
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
c.
|
identifikasi masalah
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
d.
|
batasan masalah
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
e. cara menulis latar
belakang masalah
|
|
|
|
|
|
|
|||||
08-Sep
|
Variabel Penelitian
|
a.
|
Pengertian variabel
|
|
Tugas
|
Memberi Contoh
|
Wiersma, W
|
|||||
|
b.
|
penelitian
|
|
|
mengidentifikasi
|
Variabel dengan tepat
|
Sugiyono
|
|||||
|
c.
|
jenis-jenis variabel
|
|
variabel
|
|
|
|
|||||
|
|
penelitian pendidikan
|
|
dari judul- judul
|
|
|
|
|||||
|
|
(dependent,
independent,
|
|
penelitian dari jurnal
penelitian
|
|
|
|
|||||
|
|
antesedent,
intervening,
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
moderator, kontrol,
dan
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
spurius)
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
d.
|
identifikasi variabel
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
penelitian dari contoh
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
judul-judul penelitian
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
hubungan antar
variabel
|
|
|
|
|
|
|
||||
10
|
Penyusunan Kajian
Teori
|
a.
|
Fungsi kajian teori
dalam
|
Power
|
Tugas
|
Mengumpulka
|
Krathwohl
|
|||||
dan hipotesis
|
|
penelitian
|
Point
|
mencari jurnal
|
n jurnal, artikel
|
Sugiyono
|
||||||
|
|
sumber-sumber pustaka
|
|
cetak dan
|
yang
|
sesuai
|
|
|||||
|
|
dan cara etika
carapenelusurannya
|
|
elektronik
|
dengan
|
topik
|
|
|||||
|
|
cara penulisan
|
|
|
|
penelitian
|
|
|||||
|
|
kutipan, dan aturan
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
penulisan daftar
pustaka
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
cara meyusun kerangka
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
berpikir cara
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
merumuskan
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
hipotesis deskriptif,
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
komparatif atau
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
korelasional
|
|
|
|
|
|
|
||||
Populasi dan sample
|
b.
|
pengertian populasi
dan
|
|
Pengambilan
|
sampel sesuai
|
Tuckman
|
||||||
|
|
sampel simple
|
|
sample
|
|
dengan
|
|
|
||||
|
|
|
sampling peluang:
simple
|
|
|
|
karakteristik
|
|
||||
|
|
|
random, proposional,
|
|
|
|
data yang
|
|
|
|||
|
|
|
stratified,
cluster/area,
|
|
|
|
akan dicari
|
|
||||
|
|
|
multistage; sistematik
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
sampling non peluang
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
seperti purposive,
quota,
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
aksidental, snowball
|
|
|
|
|
|
|
|||
11
|
Metode
|
a.
|
metode pengumpulan
|
Power
|
Tugas
|
Contoh lembar
|
Singleton
|
|||||
Pengumpulan
|
|
data: kuesioner,
|
point
|
membuat
|
observasi,
|
|
Babbie,
|
|||||
Data
|
|
wawancara, tes,
|
|
contoh
|
pedoman
|
|
Ebel
|
|||||
|
|
observasi, dokumentasi
|
|
instrumen
|
wawancara,
|
Isaac
|
||||||
|
|
dan aplikasi metode
|
|
|
|
kuesioner,
|
dan
|
|
||||
|
|
sesuai dengan jenis
|
|
|
|
tes
|
|
|
||||
|
|
penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
b.
|
penyusunan kisi-kisi
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
instrumen penelitian
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
pernyataan dengan
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
jawaban berskala
Likert,
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
Thurstone, Guttman,
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
Sematic differensial
|
|
|
|
|
|
|
||||
12
|
Analisis Data
|
a.
|
teknik analisis data:
|
|
Memberi contoh
|
Menerapkan
|
Pophan
|
|||||
|
|
deskriptif,
inferensial (non
|
|
Pemecahan dengan
|
tekhnik analisis
|
Sugiyono
|
||||||
|
|
parametrik,
parametrik)
|
|
tekhnik analisis
|
data deskriptif
|
|
||||||
|
|
cara memilih teknik
|
|
yang tepat
|
|
|
|
|||||
|
|
analisis data
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
persyaratan yang harus
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
dipenuhi dari berbagai
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
teknik analisis data
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
desain analisis
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
korelasional dan
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
Komparatif
|
|
|
|
|
|
|
||||
13
|
Hasil penelitian
|
b.
|
Cara melaporkan hasil
|
Contoh
|
Tugas
|
Melaporkan
|
|
|||||
dan kesimpulan
|
|
Penelitian
|
KTI
|
memberi
|
hasil penelitian
|
|
||||||
|
|
Pembahasan
|
|
contoh
|
dengan
|
|
||||||
|
|
|
|
pembahasan
|
prosedur yang
|
|
||||||
|
|
|
|
simpulan, dan
|
benar
|
|
||||||
|
|
|
|
|
saran
|
|
|
|
||||
14
|
Petunjuk
|
a.
|
Petunjuk penyusunan
usulan
|
|
Tugas
|
Membuat
|
Pedoman
|
|||||
penyusunan
|
|
penelitian survey,
studi kasus,
|
menyusun
|
proposal
|
penelitian IKIP
|
|||||||
usulan penelitian
|
|
action researh,
content
|
proposal
|
sesuai
|
dengan
|
Yk 1996
|
||||||
|
|
analysis, eksperimen,
|
|
prosedur yang
|
|
|||||||
|
|
pengembangan,
evaluasi,
|
|
|
benar
|
|
||||||
|
|
deskriptif.
|
|
|
|
|
|
|
||||
15-16
|
Bimbingan
|
a.
|
Menyusunan proposal
|
|
Tugas
|
Membuat
|
|
|||||
penyusunan
|
|
penelitian pendidikan
|
|
menyusun
|
proposal
|
|
||||||
Proposal
|
|
|
|
proposal
|
sesuai
|
dengan
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
prosedur yang
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
benar
|
|
|
|||
17
|
Ujian Tertulis
|
a.
|
Aplikasi metode
penelitian,
|
|
Ujian Tertulis
|
Mahasiswa mampu
|
|
|||||
|
|
cara pengambilan
sampel,
|
|
|
|
meenjawab >50%
|
|
|||||
|
|
dan instrumen
pengumpul
|
|
|
|
soal dengan benar
|
|
|||||
|
|
data dalam
menyelesaikan
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
masalah melalui
penelitian
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar