Kamis, 11 Mei 2017

CASE PRESENTATION

MATA KULIAH
METHODIK KHUSUS
(Case Presentation)
LOGO UNAS.jpg
TUGAS KELOMPOK I
(3 Oktober-  8 Oktober )
KELOMPOK 3 : IMA AUFYA HIDAYAH         ( 163112540120061 )
                              AYI NURHIDAYAH                 ( 163112540120106 ) 
                              NOVA NOVIANTY                   ( 163112540120059 )
                               SHINTA KARLINA                 ( 163112540120127 )

UNIVERSITAS NASIONAL
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
PRODI DIV KEBIDANAN
TAHUN 2016 / 2017

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas tentang “ Metode Pembelajaran Case Presentation
Kami berharap agar setelah membaca dan mempelajari makalah ini, pembaca dapat memiliki pertambahan pengetahuan yang lebih baik dan proses implementasi, baik dalam bidang ilmu dunia, maupun ilmu akhirat.
Kemudian, mengingat proses makalah ini kami merasa sangat jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu kami selalu membuka diri untuk  mendapatkan berbagai masukan dan kritikan agar kelak pembuatan makalah selanjutnya lebih baik lagi.


Jakarta, 05 Oktober 2016


Penulis









DAFTAR ISI
Kata Pengantar ............................................................................................          i
Daftar Isi .....................................................................................................          ii
BAB I Pendahuluan
           Latar Belakang .................................................................................          1
           Tujuan ..............................................................................................          1
BAB II
           Pengertian Case Presentation ...........................................................          2
           Tahap – tahap Case Presentation .....................................................          3
BAB III
            Kesimpulan......................................................................................          6
            Saran ...............................................................................................          6









BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Metode adalah cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Setiap guru yang akan mengajar harus selalu membuat perencanaan, salah satu yang harus dilakukan adalah mampu membuat peserta didik senang dengan suasana belajar melalui metode yang menarik. Penggunaan metode belajar bertujuan membantu guru dalam menyampaikan materi agar mudah ditangkap oleh peserta didiknya. Metode belajar menarik adalah metode pembelajaran kreatif yang menanamkan pengetahuan sebanyak-banyaknya dalam diri anak didik.
Ada beberapa metode pembelajaran kreatif untuk guru agar peserta didik senang dengan suasana belajar, salah satu diantaranya adalah metode belajar case presentation ( presentasi kasus ). Oleh karena itu, makalah ini akan membahas tentang metode case presentation.
B.       Tujuan
Tujuan Umum
Mahasiswa mampu memahami metode case presentation
Tujuan Khusus
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dari case presentation
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan tahap – tahap dari case presentation





BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.    Definisi Case Presentation
Metode ini memusatkan diri secara intensif pada satu obyek tertentu yang mempelajari suatu kasus. Pada metode ini peserta diberikan suatu kasus yang berkaitan dengan bidang ilmu di program studi, kemudian peserta diminta untuk mempresentasikan hasil dari sintesanya mengenai pemecahan kasus yang diberikan.
Presentasi kasus merupakan kegiatan pembelajaran di klinik yang sering dilakukan di ruang diskusi. Pada kegiatan ini, mahasiswa mempresentasikan kasus pasiaen yang dijumpai selama melakukan kegiatan di poli rawat jalan, UGD maupun rawat inap
Mahasiswa membuat catatan status pasien sesuai dengan format catatan medis pasien untuk RS pendidikan
Presentasi kasus disebut suatu kegiatan pembelajaran yang melibatkan seluruh peserta didik dalam satu kelas besar dan setiap kelompok tutorial secara bergiliran mempresentasikan hasil kerja kelompok tutornya dalam memecahkan masalah / kasus yang didapatkan oleh kelompok tersebut.Presentasi dilakukan oleh seorang wakil kelompok yang ditunjuk sebagai juru bicara dan waktu presentasi dialokasikan 15 – 20 menit untuk setiap kelompok.Jumlah presentasi disesuaikan dengan jumlah / macam dari seluruh masalah / kasus yang diberikan kepada setiap kelompok.Diskusi terbuka dilakukan setelah presentasi, dengan teknik penyelenggaraan disesuaikan dengan waktu, kondisi, dan keragaman masalah yang dipresentasikan.
Kegiatan ini dipimpin oleh satu orang / lebih Pimpinan dan Sekretaris Kegiatan (mahasiswa) yang telah dipilih / ditentukan sebelumnya, disesuaikan dengan keragaman dan jumlah masalah yang dipresentasikan (satu atau beberapa sesi). Setiap Tutor diharapkan hadir mendampingi kelompok Tutorialnya, walaupun inti kegiatan presentasi kasus ini lebih berupa kegiatan: dari – oleh – untuk mahasiswa . Pada akhir kegiatan dapat dimintakan pendapat dari para Tutor. Penanggungjawab kegiatan adalah pembuat modul.Waktu kegiatan dialokasikan pada hari Jumat dengan lama kegiatan disesuaikan (Hermas, 2015)

B.     Tahap-Tahap Case Presentation
1.      Tahap Permulaan
Diawali dengan memperkenalkan peserta didik tentang latrar belakang pasien, situasi pelayanan perawatan, tujuan diskusi, beberapa informasi yang dibutuhkan tentang pasien.
2.      Tahap Persiapan
a)      Menentukan Topik
Topik yang akan saya sampaikan? Apakah topik ini dibutuhkan audiens? Mengapa saya menyampaikan topik ini?
Itulah beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda sebelum menentukan topik presentasi. Dengan begitu Anda akan mudah menemukan topik dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan audiens. Usahakan topik Anda menarik dan menggugah audiens untuk mendengarkan.
b)     Menetapkan Tujuan
Apa yang Anda harapkan dari presentasi Anda? Jawaban dari pertanyaan ini yang akan menjadi arah dari presentasi Anda. Setiap presentasi harus punya tujuan. Dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih baik dalam melakukan persiapan, lebih berhati-hati dalam tindakan, tampil lebih cerdas dan tepat sasaran, tentunya dengan hasil akhir yang berkesan bagi audiens. Buat tujuan Anda dengan jelas, bisa dicapai dan Anda tahu betul bagaimana mencapainya.
c)      Mengenali Situasi dan Audiens Anda
Mengenali situasi dan mengenali audiens akan membuat Anda jauh lebih tenang. Dalam hal ini Anda perlu melakukan koordinasi dengan audiens, atau panitia penyelanggara untuk menanyakan hal-hal yang ingin Anda ketahui. Seperti, dalam acara apa Anda melakukan presentasi, berapa lama waktu untuk presentasi, presentasi dilakukan di luar ruangan atau di dalam, adakah sarana pendukung yang digunakan, siapa saja yang akan hadir, berapa usia mereka, bagaimana tingkat pendidikannya, apa jabatannya, berapa rasio jumlah laki-laki dan perempuan, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan Anda.
d)     Menyusun Materi
Langkah selanjutnya adalah menyusun materi. Dalam menyusun materi dibutuhkan kejelian dan ketepatan. Kenapa harus jeli dan tepat? Kejelian berhubungan erat dengan kemampuan presenter dalam memilih sumber yang bisa dipercaya sedangkan ketepatan berhubungan dengan kesesuaian materi dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens. Jadi sebagai presenter yang baik, Anda tidak bisa asal-asalan dalam menyiapkan materi yang akan Anda sampaikan.
Ada syarat yang harus dipenuhi dalam menyusun materi, antara lain materi harus sesuai dengan topik, update dan terpercaya. Anda bisa mendapatkan materi dari pengalaman pribadi, buku, jurnal, hasil penelitian, majalah, internet atau koran. Satu lagi yang harus Anda pahami, jangan membuat materi yang terlampau banyak dan jangan gunakan kata atau kalimat yang Anda sendiri tidak memahaminya.
e)      Menentukan Pendekatan Yang Anda Gunakan
Setiap presentasi membutuhkan metode yaitu sebuah pendekatan yang Anda gunakan dalam menyampaikan materi. Metode yang baik adalah metode yang sesuai dengan topik yang Anda sampaikan. Ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan diantaranya ceramah, eksperimen, simulasi, demonstrasi, ceramah plus dan lain-lain. Silahkan Anda eksplorasi metode yang paling cocok dengan topik Anda. Keberhasilan Anda memilih metode yang tepat akan membawa Anda menjadi presenter yang lebih efektif.
f)       Menyusun Slide Presentasi
Jika presentasi Anda menggunakan slide, maka langkah selanjutnya adalah menyusun slide presentasi Anda semenarik mungkin. Dalam membuat slide ada beberapa prinsip yang harus Anda pahami.
·        Sederhana
·        Konten yang kuat
·        Font yang indah
·        Gambar yang menarik dan sesuai
·        Penggunaan warna yang tepat
·       Mematuhi prinsip CRAP, yaitu contrast atau kontras,  repetition atau pengulangan , Alignment atau perataan dan proximity atau  kedekatan.
3.      Tahap Diskusi
Diawali dengan perkenalan dan penyajian singkat tentang pasien pada peserta didik, kemudian menunjukan gejala-gejala khusus yang berhubungan dengan masalah pasien yang mengungkapkan perasaannya.
4.      Tahap Evaluasi
Dilakukan dengan diskusi  dan penilaian terhadap pasien, perilaku dan kemampuan untuk mengatasi msalah, penilaian terhdap peserta didik serta evaluasi proses dan hasil dari nursing clinic apakah tujuan yang ditetapkan tercapai atau belum.



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Presentasi kasus disebut suatu kegiatan pembelajaran yang melibatkan seluruh peserta didik dalam satu kelas besar dan setiap kelompok tutorial secara bergiliran mempresentasikan hasil kerja kelompok tutornya dalam memecahkan masalah / kasus yang didapatkan oleh kelompok tersebut.Presentasi dilakukan oleh seorang wakil kelompok yang ditunjuk sebagai juru bicara dan waktu presentasi dialokasikan 15 – 20 menit untuk setiap kelompok.Jumlah presentasi disesuaikan dengan jumlah / macam dari seluruh masalah / kasus yang diberikan kepada setiap kelompok.Diskusi terbuka dilakukan setelah presentasi, dengan teknik penyelenggaraan disesuaikan dengan waktu, kondisi, dan keragaman masalah yang dipresentasikan.

B.      Saran
1.         Bagi Mahasiswa
Tingkatkan kreatifitas dan keterampilan di bidang presentasi dengan membekali diri dengan ilmu agar siap dilapangan.
2.         Bagi Institusi
Tingkatkan evaluasi di system pendidikan dan kurikulumnya dalam melakukan pendidikan kesehatan di bidang presentasi, agar menjadi bidan yang professional dan kompeten.




1 komentar: